Puluhan Ribu Warga Jalur Gaza Gelar Aksi Global March Al-Quds

Islamedia – Puluhan ribu warga Palestina dari penjuru Jalur Gaza ikut dalam aksi Global March Al-Quds. Mereka berasal dari seluruh unsur dan kekuatan politik baik berafiliasi nasionalis atau islamis dan berkumpul di Bethanon di utara Jalur Gaza.

Mereka menyerukan yel-yel “ke Al-Quds kami berjalan, bersama jutaan warga siap mati syahid” “dengan nyawa dan darah kami menebusmu wahai Al-Aqsha” bersamaan dengan kibaran bendera Palestina dan bendera-bendera faksi-faksi perlawanan yang menggambarkan persatuan dalam membela Al-Quds.

Dinas kerja massa di gerakan Hamas menegaskan bahwa mereka menjalankan puluhan bus dari berbagai penjuru distrik tengah Jalur Gaza mengikuti aksi yang memperingati hari bumi Palestina ini.

Pada saat aksi berjalan, PM Palestina Ismail Haniya datang ditemani oleh delegasi parlemen Mesir dengan sambutan takbir dan tahlil serta ajakan tetap bertahan di jalan perlawanan dan jihad.

Anggota Panitia Eksekutif Aksi Global March Al-Quds, Dr. Ahmad Abu Halabiyah menegaskan, keterlibatan massa dalam jumlah besar ini adalah dalam rangkaian aksi-aksi serupa di seluruh dunia menuju perbatasan Palestina. Aksi-aksi itu bertujuan mempertegas bahwa isu Palestina bukan hanya isu bangsa Palestina semata namun isu dunia yang diemban oleh sebagian besar pejuang kemerdekaan di dunia. Mereka menegaskan bahwa keangkuhan Israel tidak akan mampu menentukan masa depan di kawasan dan bahwa kemauan bangsa adalah lebih kuat dari kekuatan musuh. Mereka yakin bahwa Israel pasti akan hancur.

Ia menegaskan bahwa peserta aksi ini sangat banyak hingga mencapai 3 juta dari 80 negara Arab dan Barat. Disamping itu diikuti sekitar 700 lembaga dunia dalam hal ini. Ia menegaskan, pesan kuat dari aksi ini adalah dunia akan membela Al-Aqsha dan memiliki peran dalam menguatkan isu Al-Quds dan hak kembali di masa mendatang. Aksi ini terjadi di tengah tindakan pembiaran dunia Arab dan Islam dalam menyebabkan pemahaman hakiki dalam masalah Al-Quds di kancah dunia Arab dan dunia internasional.

Ia menegaskan bahwa revolusi di sebagian negara Arab sudah mulai tumbuh setelah terpengaruh oleh aksi Intifada Palestina sehingga aksi mereka dalam gerakan revolusi menumbangkan rezim otoriter adalah “rakyat ingin membebaskan Al-Quds dan Palestina”. [infopalestina/bsyr]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s